3 Hal Ini Cukup Menjadi Alasan Anda Mengurangi Minum Kopi

Belakangan ini aktivitas minum kopi menjadi tren. Memang agaknya minum kopi ini pas sebagai teman, baik pada saat santai maupun sibuk. Dari acara rapat-rapat di kantor baik yang formal atau non formal hingga saat santai di rumah sendirian, sungguh asyik sambil minum kopi.

Dampak lain dengan semakin ngetren-nya minum kopi, kini banyak bermunculan kedai atau warung kopi, coffeshop yang selalu penuh pengunjung, utamanya di malam hari. Juga profesi peramu kopi atau barista kini menjadi profesi yang bergengsi.

Apa sebenarnya yang menarik dari kopi? Umum sudah mengetahui kopi mengandung kafein yang memang dapat diandalkan untuk memacu fokus, membangkitkan energi, menghilangkan rasa kantuk dan lainnya. Namun yang perlu Anda tahu, ternyata terlalu banyak minum kopi juga dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Baca juga artikel :

Barista Menyebut 7 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Menyajikan Kopi

Berikut ini 3 dampak yang dapat terjadi pada tubuh ketika Anda minum kopi terlalu banyak seperti dirangkum Fimela.com :

1. Cemas

National Institute of Mental Health merekomendasikan orang yang menderita gangguan kecemasan untuk menghindari kafein. Bukan tanpa alasan tetapi terlalu banyak minum kopi dapat memperparah efek cemas.

2. Masalah Pencernaan

Kafein memang bisa mempercepat aktivitas usus besar, namun kafein juga tampaknya merangsang gerakan usus dengan meningkatkan peristaltik, kontraksi yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan.

Karena itu, tak heran jika dosis besar kafein dapat menyebabkan buang air besar, atau bahkan diare bagi yang tak terbiasa.

3. Tekanan Darah Tinggi

Kafein tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada kebanyakan orang. Telah terbukti bisa meningkatkan tekanan darah karena efek stimulasi pada sistem saraf.

Tekanan darah tersebut meningkatkan faktor risiko serangan jantung dan stroke karena dapat merusak arteri seiring waktu, sehingga membatasi alirasn darah ke jantung dan otak. (

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *