Nasi Tumpeng, Menu Klasik yang Tak Pernah Ketinggalan Zaman

Bagi bangsa Indonesia, khususnya orang Jawa tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya nasi tumpeng. Jauh sebelum Indonesia merdeka, jenis hidangan ini sudah dikenal hingga saat sekarang ini. Coba Anda perhatikan, pada setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI dari tahun ke tahun yang diselenggarakan di Istana Negara, hampir tidak pernah ketinggalan sajian nasi tumpeng ini.

Itulah salah satu moment terpenting yang melibatkan nasi tumpeng  dalam perayaannya. Tentu masih banyak lagi moment lain yang menggunakan nasi tumpeng sebagai kelengkapan acara, baik yang sifatnya acara kedinasan, keagamaan maupun acara pribadi. Sebut saja misalnya acara syukuran pembangunan rumah, kelulusan sekolah, ulang tahun, syukuran kantor dan sebagainya.

Sajian nasi tumpeng umumnya terbuat dari nasi kuning, walaupun bisa juga memakai nasi putih biasa atau nasi uduk. Tumpeng nasi diletakkan di tengah nampan beralaskan daun pisang. Sebagai pelengkapnya berbagai lauk-pauk dan sayuran disusun secara menarik di sekelilingnya.

Pada asalnya lauk-pauk pelengkap tumpeng biasanya mewakili unsur asal makanan. Misalnya, untuk pangan hewani tersaji daging sapi, ayam ingkung dan ikan, sedangkan pangan nabati misalnya tahu dan tempe bacem. Sayuran biasa dalam bentuk urap yang terdiri dari  kangkung, bayam. kacang panjang dan yang lainnya. Sebagai menu penutup, disajikan berbagai jajanan pasar dan buah pisang raja.

Seiring berjalannya waktu, sajian nasi tumpeng saat ini sudah mulai meninggalkan nilai-nilai spiritual aslinya. Kini nasi tumpeng dibuat lebih estetik dan sudah memperhatikan nilai gizinya dengan menambah berbagai lauk-pauk dan sayuran yang lebih bervariasi. Oleh karenanya menambahkan sayuran seperti seledri, wortel, dan tomat sudah banyak dilakukan. Juga lauk lain seperti perkedel, abon, kedelai goreng, telur, potongan mentimun, tempe kering, serundeng, urap, dan bahkan ikan asin.

Tak heran meski termasuk menu hidangan klasik, nasi tumpeng tidak pernah ketinggalan zaman dan tetap banyak diminati masyarakat luas untuk sajian dalam berbagai acara. Lebih dari itu, Anda tidak perlu repot-repot untuk menyajikan menu hidangan yang satu ini.

Kini untuk pesan nasi tumpeng sudah banyak jasa catering penyedia nasi tumpeng yang siap melayani Anda. Salah satunya Anda bisa menghubungi Royal Tumpeng untuk pelayanan yang prima. Setidaknya 4 alasan ini Anda harus menjatuhkan pilihan untuk  memesan nasi tumpeng di jasa catering Royal Tumpeng  :

1. Banyak piilihan porsi

Tersedia berbagai porsi sesuai keperluan Anda, dari porsi untuk 20 orang sampai dengan ratusan orang siap menyediakan serta mengantarkan kapan saja.

2. Harga terjangkau dan biaya kirim gratis

Harga tiap paket porsi nasi tumpeng yang ditawarkan tergolong murah dan terjangkau. Ditambah lagi dengan delivery order gratis wilayah Jadetabek akan semakin menghemat biaya pesanan.

3. Menu bervariasi

Tersedia menu yang cukup bervariasi mulai dari nasi tumpeng kuning, hijau, sampai putih lengkap dengan lauk pauknya yang bisa dipilih sesuai selera.

4. Bentuk nasi tumpeng unik

Anda bisa pesan khusus bentuk nasi tumpeng yang unik untuk acara-acara tertentu, seperti misalnya ulang tahun anak.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *