Picu Dibetes, Alasan Cerdas Anda Tinggalkan 5 Kebiasaan Sepele Ini

Diabetes sebagai salah satu penyakit berbahaya ini dikenal orang karena disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Selain itu juga bisa karena faktor keturunanan dari orangtua ataupun gaya hidup yang tidak sehat.

Siapa saja yang bisa terkena diabet? Penyakit ini tidak mengenal umur bisa usia muda hingga tua. Salah satu hal yang harus diingat oleh penderita diabetes adalah penyakit ini tidak bisa sembuh sampai kapan pun. Yang bisa dilakukan para pengidap diabetes yaitu memperhatikan dan mengendalikan kadar gula darahnya agar tidak terjadi hal yang lebih berbahaya.

Dalam perkembangannya, penderita penyakit ini cenderung mengalami peningkatan. Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 yang lalu, angka pengidap diabetes mengalami peningkatan, dari 6,9 persen di tahun 2013 menjadi 8,5 persen di tahun 2018!

Hal lain yang perlu Anda tahu, ternyata diabetes tidak hanya disebabkan karena faktor makanan atau keturunan. Ada faktor lain yang bisa jadi penyebab, jangan kaget hal-hal sepele yang jadi kebiasaan Anda sehari-hari juga bisa jadi pemicunya.

Oleh karenanya meninggalkan kebiasaan tersebut adalah alasan cerdas bagi yang ingin terhindar dari diabetes. Berikut ini 5 kebiasaan sepele yang ternyata bisa jadi penyebab diabetes seperti ditulis grid.id :

1. Menggunakan obat kumur

Sikat gigi aja kadang enggak cukup membersihkan kuman yang ada di mulut kita. Makanya kita biasanya menggunakan obat kumur biar kuman mati dan mulut enggak berbau. Sayangnya, obat kumur bisa jadi penyebab kita kena diabetes, girls!

Menurut penelitian di tahun 2017 dalam jurnal ‘Nitric Oxide’ ditemukan kalau obat kumur bisa meningkatkan resiko lebih dari dua kali lipat terkena diabetes! Ini bisa terjadi karena obat kumur punya kandungan antibakteri yang enggak cuma mematikan kuman jahat, tapi juga kuman baik yang melindungi tubuh dari diabetes!

Intinya, orang yang menggunakan obat kumur setiap hari punya peluang 55 persen lebih tinggi bisa kena diabetes daripada orang yang enggak memakai obat kumur!

2. Kurang kena sinar matahari

Sinar matahari memang bisa bikin masalah pada kulit dan kesehatan kita. Namun, enggak cukup kena sinar matahari juga bisa bikin kita jadi menderita diabetes, lho!

Studi yang dipublikasi pada tahun 2015, ‘Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism’ menemukan kalauorang yang punya vitamin D rendah dalam tubuhnya bisa berpotensi kena diabetes! 

Kalau kita tahu, sinar matahari adalah sumber vitamin D yang paling mudah dan paling sehat. Jadi enggak ada alasan kita enggak mau kena matahari, nih!

3. Tidur enggak teratur

Tidur yang enggak cukup memang bisa jadi penyebab kesehatan kita terganggu.

Namun, buat kita yang sering merasakan gangguan tidur seperti sleep apnea, keadaan saat pernapasan berhenti lalu kembali mulai lagi saat tidur atau sering mendengkur, bisa jadi kita kena diabetes! Untuk lebih jelasnya, coba cek ke dokter!

4. Penggunaan obat jangka panjang

Obat memang bisa bikin tubuh kita sehat kembali. Namun, obat juga punya efek samping, salah satunya bikin kita kena diabetes!

Walaupun begitu, memang enggak semua obat bisa menyebabkan diabetes, kok! Hanya obat-obat yang punya kandungan steroids yang tinggi yang bisa meningkatkan gula darah kita!

5. Sering memakai kemasan plastik

Makanan dan minuman yang kita konsumsi dari kemasan plastik ternyata bisa menjadikan kita kena diabetes!

Jurnal pada tahun 2017 yang bernama ‘Environmental Research menemukan bahwa ada kandungan phthalates, bahan kimia yang ditemukan di kemasan plastik dan di dalam tubuh penderita diabetes. 

Jadi, kandungan phyhalates ini nantinya diserap oleh makanan dan minuman dalam kemasan plastik tersebu. Ketika dikonsumsi sama kita, kandungan phthalates pindah ke dalam tubuh dan menjadikan kita bisa kena diabetes, deh!

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *